Pola Makan Ala Fitness Agar Pembentuk Otot

Pola Makan Ala Fitness Agar Pembentuk Otot

Ekafarm.com – Jika Anda sudah rutin menjalankan olahraga dengan cara gym atau fitness tentunya Anda juga harus memperhatikan pola makan nya. Nah ini yang perlu diperhatikan.

15 Perubahaan Agar Pembentuk Otot Saat Fitness Berhasil

Singkirkan ini, pilih itu:

1. Singkirkan teh hitam, minum teh hijau.

Teh hijau juga mengandung polifenol yang lebih tinggi, membantu otot-otot Anda untuk pulih lebih cepat. “Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena meningkatkan metabolisme. Rutin minum teh hijau akan membantu membakar lemak hingga 80 kalori per hari,” jelas dr. Johannes.

2. Singkirkan sereal, makan bubur.

Tidak seperti sereal (Lihat tip 3), bubur bisa diramu dengan protein pembangun otot. Bubur juga kaya dengan karbohidrat, serat dan juga berindeks glikemik rendah yang akan mempertahankan tingkat energi Anda dalam waktu lama. Sereal Beras Merah

3. Singkirkan selai cokelat, makan selai kacang.

Selai kacang jauh lebih sehat daripada selai cokelat karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan protein tinggi, membuat jantung Anda lebih sehat.

4. Singkirkan kentang, makan ubi.

Ubi mengandung karbohidrat berindeks glikemik lebih rendah daripada kentang, sehingga gula darah Anda hanya meningkat sekitar kurang dari 30%. Ubi juga kaya vitamin A dan beta karoten. Beta karoten bertindak sebagai antioksidan yang membantu vitamin A bekerja menghilangkan sel kulit lama dan menghasilkan sel kulit baru yang lebih sehat.

5. Singkirkan nasi putih, makan nasi merah.

Beras merah jauh lebih rendah indeks glikemiknya daripada nasi putih dan mengandung serat tiga kali lebih banyak. Beras merah juga sumber magnesium yang baik dan mengandung vitamin B6 untuk meningkatkan metabolisme. Pakai Beras Merah Organik

6. Singkirkan cokelat susu, makan cokelat hitam.

Cokelat hitam sangat sehat, mengandung banyak antioksidan dan nutrisi kunci seperti tryptophan, serotonin, dan dopamin. Pilih cokelat hitam berkualitas yang tinggi akan kadar kakao. Hindari cokelat hitam murah yang hanya mengandung gula.

7. Singkirkan minyak sayur, gunakan minyak zaitun.

Minyak nabati mengandung tingkat lemak trans tinggi terhidrogenasi yang tidak sehat, sementara minyak zaitun mengandung banyak lemak tak jenuh yang sehat dan asam oleat. “Lemak seperti ini baik untuk jantung karena mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menurunkan oksidasi dan kolesterol jahat. Konsumsi minyak ini tidak akan membuat gemuk ataupun merusak sirkulasi darah Anda,” kata dr. Johannes.

Dos and dont’s:

8. Pilih lemak sehat.

Lemak sehat tidak akan membuat Anda gemuk. Kebanyakan nutrisi larut dalam lemak, jadi ada baiknya mengonsumsi makanan dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat.

9. Jangan hanya menghitung kalori.

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, kalori bukan faktor utama. Lebih penting untuk fokus pada kualitas makanan yang Anda makan daripada hanya menghitung kalori saja.

10. Konsumsi Omega 3.

Asam lemak Omega 3 dapat meningkatkan kesehatan sendi dan jantung, serta mencegah sel pra lemak yang dapat berubah menjadi lemak. Kandungan Omega-3 bisa Anda dapatkan dari ikan, seperti makarel, salmon, harring, sarden dan tuna.

11. Hindari makanan olahan.

Makanan olahan biasanya berisi gula dan karbohidrat serta lemak trans, penyebab utama kenaikan berat badan.

12. Pilih daging alami.

Makanlah daging dan ikan hasil budidaya yang alami, yang tidak diberi antibiotik dan hormon pertumbuhan dalam proses budidayanya, karena mengandung lebih banyak protein dan asam lemak Omega 3 daripada jenis ikan dan daging ternak hasil budidaya rekayasa.

13. Jangan makan porsi besar.

Jangan gampang tergoda tumpukan makanan di piring setelah sesi latihan yang keras. Oke, kami tahu Anda lapar. Tapi aturlah ukuran porsi makan Anda.

14. Minum lebih banyak air.

Ketika berlatih, Anda mudah tertipu antara kelaparan dengan dehidrasi, sehingga Anda makan banyak setelah berlatih. Maka, minumlah air secara teratur sepanjang latihan. “Minum air lebih banyak juga bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh, mencegah kanker, seperti kanker usus dan kandung kemih.

15. Jangan minum alkohol berlebihan.

Alkohol hanya menambahkan sejumlah besar kalori tanpa gizi yang akan merangsang nafsu makan.

Read More: Tips Untuk Para Fitness Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *