TAKARAN BERAS MERAH UNTUK DIET: BERAPA BANYAK?

TAKARAN BERAS MERAH UNTUK DIET: BERAPA BANYAK?

TAKARAN BERAS MERAH UNTUK DIET – Diet nasi merah banyak menjadi pilihan orang-orang yang sedang menjalani program diet tapi tetap ingin mengonsumsi nasi. Mengapa demikian? Karena nasi merah mengandung lebih banyak serat daripada nasi putih sehingga mampu membuat Anda lebih mudah kenyang dan mengganjal perut dalam waktu yang lebih lama. So, diet nasi merah bisa jadi jawaban untuk Anda yang sedang bingung tentang cara menurunkan berat badan.

Permasalahan lain yang sering timbul ketika menjadikan nasi putih sebagai sumber karbohidrat adalah nilai indeks glikemik (GI) yang cenderung tinggi. Nasi merah menjadi opsi cerdas karena indeks glikemiknya yang rendah, yaitu sekitar 50-55 (nilai di bawah 60 termasuk rendah). Nilai tersebut jauh lebih rendah daripada nasi putih (GI >70 atau termasuk GI tinggi). Indeks glikemik dalam makanan berpengaruh terhadap rasa lapar dan kenyang seseorang. 

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi membuat gula darah cepat naik. Hal ini membuat seseorang akan lebih cepat lapar dan mengganggu program diet. 

Baca juga: PILIH MANA, BERAS HITAM ATAU BERAS MERAH? 

Kalori Nasi Putih vs Nasi Merah

Konsumsi nasi merah untuk mendukung program diet tetap tidak boleh berlebihan. Satu gelas (±100 gram) nasi merah memiliki sekitar 218 kalori dan 45,8 gram karbohidrat. Apakah sahabat Eka Farm sudah tahu perbandingan nilai gizi antara nasi merah dengan nasi putih pada takaran yang sama  (1 cup)? Simak perbandingan singkat keduanya sebagai berikut.

nasi merah vs nasi putih

 

Takaran Beras Merah untuk Diet

Takaran Beras Merah untuk Diet

Sahabat Eka Farm pasti sudah akrab dengan teori bahwa jika ingin menurunkan berat badan, maka harus ada defisit kalori. Artinya, suplai kalori yang masuk ke tubuh (intakeharus lebih kecil daripada jumlah kalori yang keluar karena digunakan oleh aktivitas tubuh.

Namun, yang jadi pertanyaan, berapa takaran beras merah untuk diet? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yang pertama perlu diperhatikan adalah jumlah angka kecukupan gizi (AKG) per hari. Tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. AKG ditentukan oleh jenis kelamin (pria umumnya butuh pasokan kalori yang lebih besar daripada perempuan) dan jenis aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Orang yang tidak banyak bergerak, misalkan banyak bekerja sambil duduk (desk-work) akan membutuhkan kalori yang lebih sedikit daripada orang yang aktif bergerak dan  menggunakan otot-ototnya, misalnya pekerja lapangan. Untuk lebih mudah menghitung kebutuhan kalori harian, Anda bisa menggunakan kalkulator kalori berikut.

Setelah mendapatkan kebutuhan kalori untuk menurunkan berat badan, bagaimana cara membaginya dalam sehari? Anda tidak perlu berpusing-pusing ria. Eka Farm punya solusi umum untuk menjawab takaran atau porsi nasi merah (karbohidrat) yang dikonsumsi saat menjalani program diet. Dikutip dari laman halodoc.com, dr. Rizal Fadli membagi tips takaran/porsi konsumsi nasi merah pada tiap waktu makan. Misal wanita 35 tahun dengan tinggi 160 cm dan berat badan 50 kg ingin menurunkan berat badan 0,5 kg/pekan. 

1. Sarapan

Diet bukan berarti absen dari sarapan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan penting bagi tubuh. Tubuh tetap membutuhkan sumber energi yang didapat dari karbohidrat. Sahabat Eka Farm dapat mengonsumsi 5 sendok makan nasi merah (±50-60 gram atau setengah porsi) pada waktu sarapan. Jangan lupa lengkapi dengan sayuran, lauk, dan buah (pilih buah yang kaya akan air).

2. Makan siang

Kalau saat sarapan, Sahabat Eka Farm merasa porsinya masih sedikit, porsi makan siang ini bisa menjadi ‘pelega’ bagi Anda. Opsi menu makan siang yaitu satu centong nasi merah (1 porsi atau ±100 gram), lauk tinggi protein seperti dada ayam dan ikan (perhatikan proses pengolahannya, hindari proses penggorengan). Jangan lupa, lengkapi dengan sayur dan buah.

3. Makan malam

Pada malam hari, kinerja sistem pencernaan tubuh melambat dibandingkan pada siang hari. Jadi, disarankan porsi makan malam tidak terlalu banyak. Sama seperti pada pagi hari, menu makan malam yaitu setengah porsi (50 gram) nasi merah, dilengkapi dengan lauk kaya protein, sayur, dan buah.

Baca juga: MENU DIET SEHAT DAN SIMPEL

Tips tambahan konsumsi menu diet nasi merah

Eka Farm juga punya tips tambahan nih, agar program diet kamu berhasil dengan konsumsi nasi merah.

  • Hindari konsumsi nasi merah yang digoreng secara berlebihan. Mengapa? Karena biasanya banyak bahan pelengkap nasi goreng yang menambah pasokan kalori secara signifikan, seperti kecap, sambal, dan minyak untuk menggoreng.

Baca juga: Diet Bisa Tetap Makan Gorengan? Bisa Kalau Pakai Minyak Goreng Herco

  • Lengkapi dengan makanan tinggi protein untuk menjaga massa otot dan membantu kenyang lebih lama.
  • Jangan lupa makan sayur, setidaknya 2 porsi setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan serat tubuh. Menurut Kementerian Kesehatan RI, rata-rata orang dewasa Indonesia membutuhkan 25-30 gram serat. Walaupun nasi merah memiliki serat tinggi, tapi kandungannya masih perlu ditambah dengan sayur untuk mencukupi kebutuhan tubuh.
  • Hindari memakan nasi merah dengan kerupuk karena kalorinya yang tinggi serta nilai gizinya yang rendah.
  • Bosan dengan nasi merah yang plain? Coba tambahkan biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayur-sayuran saat menanak nasi merah. Sahabat Eka Farm bisa menambahkan kacang merah, jagung, wortel, dan lain sebagainya.
  • Untuk kebutuhan protein dan lemak, bisa disesuaikan seperti cara membagi karbohidrat. 
  • Anda bisa memilih untuk membaginya dalam 3x makan atau 3x makan dan 2x snack asalkan tidak melebihi kebutuhan kalori. 
  • Jangan sampai total kebutuhan kalori yang masuk di bawah 1.200 kalori. Jika angka yang muncul di kalkulator di bawah itu, tetap konsumsi minimal 1.200 kalori dan bantu dengan olahraga. Cara seperti ini mencegah penurunan tingkat metabolisme Anda dan menambah massa otot.

Baca juga: NASI MERAH DAUN JERUK DAN AYAM PANGGANG JAHE

Gimana, Sahabat Eka Farm? Sudah tambah yakin kan kalau diet dengan tetap makan nasi bukan mustahil? Pilihannya adalah nasi merah. Pastikan juga kualitas nasi merah yang Anda konsumsi berasal dari beras berkualitas. Beras merah organik Eka Farm (yang jadi best seller kami) bisa jadi solusi teman diet Anda.

Tinggalkan Balasan