Mitos atau Fakta, Jarang Keramas Menyebabkan Infeksi Kulit Kepala?

Mitos atau Fakta, Jarang Keramas Menyebabkan Infeksi Kulit Kepala?

Ekafarm.com – Rambut sehat dan kuat itu pastinya harus memiliki kulit kepala yang sehat juga. Untuk itu, kebersihan rambut dan kulit kepala harus diperhatikan. Lalu, bagaimana jika Anda jarang keramas? Benarkah bisa menimbulkan infeksi kulit kepala?

Infeksi kulit kepala adalah masalah umum yang dihadapi semua kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Biasanya terjadi akibat masuknya bakteri atau jamur pada folikel rambut yang rusak. Infeksi ini menimbulkan beragam gejala, umumnya kemerahan, gatal, dan lenting berisi nanah.

Benarkah jarang keramas menyebabkan infeksi kulit kepala?

Ada beberapa jenis infeksi kulit kepala, di antaranya kurap, folikulitis, dermatitis seboroik, impetigo, atau infeksi jamur ragi candida. Semua penyakit tersebut bukan hanya menimbulkan rasa gatal parah yang mengganggu aktivitas, tapi juga kebotakan sehingga mengurangi penampilan Anda. Sebenarnya, apa penyebab infeksi ini? Apakah jarang keramas adalah satu penyebabnya?

Karena jenisnya cukup banyak, penyebab infeksi pada kulit kepala ini juga beragam. Salah satunya karena kurangnya menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, seperti jarang keramas. Ya, kurap di kulit kepala (tinea capitis) contohnya.

Jika Anda jarang keramas, keringat dan kotoran akan menumpuk di kulit kepala. Akibatnya, jamur akan berkembang dengan pesat dan menyebabkan infeksi. Selain jarang keramas, kondisi rambut yang cenderung lembap dan adanya luka terbuka di kepala juga bisa menyebabkan tinea capitis.

Selain tinea capitis, infeksi jamur ragi candida juga disebabkan oleh jamur. Hanya saja, bukan terjadi karena jarang keramas, melainkan karena paparan zat kimia dari produk pembersih rambut yang mengganggu keseimbangan jamur di kulit kepala. Penggunaan obat-obatan tertentu, pola makan yang tidak sehat, kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab lainnya.

Oleh karena nya jika ingin mempunyai rambut yang sehat dan kuat Anda harus memperhatikan hal seperti diatas. Nah apabila sudah terlanjur kena infeksi lalu bagaimana?

Saya ada solusinya. Obat alami dari bahan-bahan alami juga ini ampuh membasmi infeksi kulit rambut Anda. Caranya, ambil beberapa irisan lidah buaya. Ambil gel nya kemudian campurkan dengan VCO atau minyak kelapa murni. Kemudian oleskan ke setiap sudut kulit rambut, dan diamkan beberapa menit. Bilas dan keramas. Lakukan ini setiap hari sampai kulit kepa Anda kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *